LOGIN TO JOURNESIA

or
CLOSE

Hidden Island Gili Ketapang Probolinggo Jawa Timur

nenzquarius

On

Mungkin bagi sebagian orang, pasti akan menyangka yang sama seperti saya, jika mendengar nama Gili pasti bisa ketebak nama-nama pulau yang ada di Lombok. Nah saya menemukan sebuah pulau yang bernama Gili Ketapang, dan waktu mencari tau di google ternyata di kota Probolinggo. Semakin penasaran dengan pulau gili yang ini, akhirnya saya bersama ketiga teman, berencana langsung menuju pulau itu keesokan harinya. Cukup mudah untuk menemukan rute menuju pulau Gili Ketapang ini, jika kalian dari arah Surabaya memakai motor hanya dengan 2 jam perjalanan menuju pelabuhan Tanjung Tembaga Probolinggo. Sesampainya di pelabuhan, lebih baik tanya penduduk sekitar di sebelah mana biasanya kapal yang menjadi transportasi penduduk pulau gili bersandar. Nah kalo sudah sampai, kita bisa memarkir kendaraan kita di dekat area pelabuhan, jika kalian membawa mobil juga bisa di parkir di area tersebut namun jika menginap harus laporan dulu sama warga yang berada di sekitar tempat penitipan kendaraan, supaya aman. Nyebrang ke pulau ini cukup dengan Rp 5000 aja kita bisa sampek ke pulau ini, murah bukan? karena pulau ini memang bukan untuk pariwisata jadi aktifitas penyebrangan pun hanya untuk penduduk pulau yang berbelanja atau sekedar ingin ke kota.

Cerita tentang Pulau Gili Ketapang...

konon katanya keberadaan pulau ini sangat misterius, berdasarkan info penduduk lokal dan mbah goggle kalau dulunya pulau ini sempat bergabung jadi satu dengan pulau jawa tepatnya ya di Probolinggo di kecamatan Sumberasih kabupaten Probolinggo.

nah tiba tiba secara gaib pulau gili ketapang ini lama lama bergeser ke tengah laut, dikarenakan erupsi gunung Semeru.

entah benar atau tidak, sekarang pulau gili ketapang berada di 8 km lepas pantai ini, memiliki panorama yang sungguh mencengangkan, gak kalah dengan panorama di pulau pulau lain.

untuk itu saya bangga bisa pergi ke pulau ini, karena belum banyak orang yang tau tentang keberadaan pulau gili ketapang ini beserta panorama yang tersembunyi.

Sebagian besar penduduk pulau ini adalah suku Madura, yang kebanyakan susah untuk berbicara bahasa Indonesia yang lancar, jadi kalo mau beli makanan atau minuman ya bisa pake bahasa isyarat hehehe, tapi gak semua orang di pulau itu gak bisa bahasa Indonesia, masih ada yang lancar bahasa indonesia kok jadi gak usah khawatir.

Nah waktu itu kami berjalan mengelilingi pulau sekitar 2 jam sambil istirahat sesekali untuk membeli es, karena bisa dilihat sendiri udara disana cukup panas dan terik. Berjalan mengelilingi pas matahari berada di atas kepala, iya waktu itu jam 12 siang yang lagi panas-panasnya. Kondisi pulau ini cukup menarik untuk dijelajahi, di sebelah utara pulau bisa ditemui pohon-pohon gersang yang kering dan terdapat bukit berbatu. Di pulau ini juga ditemua ada Goa, namanya Goa kucing, entah mengapa diberi nama itu bahkan jika saya lihat dari luar gak seperti goa pada umumnya. Bahkan yang terlihat seperti sebuah masjid kecil gitu.

Sebagian besar penduduk pulau ini adalah sebagai nelayan, kegiatan warga membuat jaring dan ada yang membuat kapal sendiri. jangan harap bertemu jalan aspal, karena di pulau ini jarak rumah dengan jalan cukup dekat bahkan kalo saya bilang seperti sebuah gang kecil dan saling terhubung.

Pemandangan di pulau ini cukup mempesona, karena belom banyak orang yang mengetahui jika di kota Probolinggo ada satu pulau yang keren banget. Kalo biacara Probolinggo pasti yang terkenal gunung bromo nya atau air terjun Madakaripuranya, nah ini bisa jadi salah satu destinasi yang unik jika kalian berkunjung di Probolinggo yang gak menstrim hehhee. Selamat berkunjung.



7 Comments

  • - 2 years ago
    kalo sekarang harganya tetep nggak? terus kalo pengen nginep bawa tenda boleh ndak?
  • - 2 years ago
    Kalo udah nyebrang. Baliknya ke p.jawa kapalnya susah gak bro ??
    • Nenzquarius - 2 years ago
      Kata yg punya kapal klo hari biasa dr pagi sampe jam 7 malem, terakhir penyebrangan. Klo mau balik mending sore, krn ombaknya kdg besar.
  • lidyaleechun - 2 years ago
    wow
  • jessicasurianto - 2 years ago
    Nice story :3